Untuk Para Introvert : Berdamailah Dengan Diri Sendiri

Terkadang, seseorang dilahirkan menjadi seseorang yang berwatak dan berkepribadian berbeda dengan kebanyakan orang, termasuk salah satunya seorang introvert.

Seorang introvert dipandang sebagai sosok yang pendiam, tertutup, acuh tak acuh, serta tak mau bersosialisasi. Kaum introvert merupakan kaum minoritas, dan mayoritas masyarakat adalah ekstrovert, dan mayoritaslah yang sering kali dianggap normal. Sehingga keberadaan introvert dipandang aneh dan tak lumrah di masyarakat.

Introvert kadang terpengaruh atas penilaian masyarakat terhadap dirinya, sehingga mereka cenderung ingin merubah sifat mereka seperti orang-orang pada umumnya, menjadi sosok yang terbuka, ramah, dan gampang bergaul. Mungkin ada yang berhasil, tapi tidak sedikit yang mengalami pertentangan diri sendiri, bukan perubahan yang mereka harapan yang terjadi, justru ketidaknyamanan karena berpura-pura dan pada akhirnya hanya menguras energi mereka.

Tidak ada salahnya sedikit demi sedikit berubah menjadi lebih membuka diri, namun jika itu bertentangan dengan hati, hanya rasa tidak nyaman dan kecemasan yang didapat. Lakukanlah apa yang kamu suka dan membuatmu nyaman. Berdamailah dengan diri sendiri, dengan begitu kamu akan lebih mengenali dirimu, mengerti bagaimana cara bahagia, dan ujungnya kamu akan menemukan kedamaian karena tidak ada lagi konflik batin.

Source : http://projectsentinel.tumblr.com/post/140778126909/untuk-para-introvert-berdamailah-dengan-diri

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s