10 Keunggulan yang Dimiliki Seorang Introvert

10 Keuntungan Menjadi Seorang Introvert

 

Kebanyakan orang beranggapan bahwa introvert memiliki masalah kecemasan sosial, namun sebenarnya kenyataannya tidak demikian. Introvert bukannya cemas berada di lingkungan sosial, namun mereka cenderung selektif dan kemampuan berinteraksi sosial mereka tidak sebaik ekstrovert. Introvert tidak seburuk yang dipikirkan oleh orang-orang, introvert memiliki keunggulan, berikut adalah keunggulan introvert yang mungkin sebelumnya belum kamu sadari kalau kamu memilikinya.

1. Pendengar yang baik

Seorang yang introvert dapat dijadikan teman curhat yang baik. Mereka akan berusaha meluangkan waktu mereka untuk mendengarkan cerita dengan baik, memahaminya, dan berusaha memberikan solusi terbaik atas permasalahan itu.

2. Mandiri

Kegemarannya yang suka menyendiri dan melakukan apa-apa seorang diri menjadikannya mandiri serta tidak selalu bergantung dengan orang lain.

3. Bisa bahagia dengan cara sederhana

Berada di rumah dengan menghabiskan waktu dengan membaca buku, mendengarkan musik, atau berada di depan komputer sudah merupakan surga bagi seorang introvert. Mereka bisa bahagia dengan cara yang sederhana, tanpa perlu mengeluarkan banyak uang seperti untung nongkrong di caffe.

4. Sangat Fokus

Introvert sangat mudah untuk berkonsentrasi, dia bisa dengan lebih cepat menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan kepadanya dibandingkan orang lain. Saking fokusnya, ia akan terus bekerja dan tidak akan menunjukkan atau membicarakan pekerjaannya kepada orang lain sampai pekerjaan itu benar-benar selesai.

5. Jeli

Introvert sangat mudah mengidentifikasi perubahan yang ada di sekililingnya. Ketika dia diam, maka saat itulah dia menganalisa keadaan serta karakter orang-orang di sekitarnya.

6. Mengerti apa yang diinginkan

Introvert mengerti apa yang sebenarnya mereka ingin dan butuhkan. Jika mereka menginginkan sesuatu, mereka akan teguh pendiriannya mengejar itu dan tidak terpengaruh dengan keadaan sekitar yang berusaha mengubah pilihannya.

7. Berfikir sebelum bertindak

Introvert bukanlah tipe spontan dan serampangan dalam bertindak. Mereka selalu berpikir dahulu sebelum mengambil tindakan. Apa yang akan mereka lakukan selalu melalui pertimbangan yang matang.

8. Dapat Dipercaya

Sifatnya yang tertutup menunjukkan bagaimana mereka sulit menaruh kepercayaan kepada orang lain terutama yang tidak akrab dan baru baginya. Oleh karena itu, mereka tahu, bagaimana rasanya memelihara kepercayaan orang dengan cara menjaga rahasia orang tersebut.

9. Mudah menginstropeksi diri sendiri

Kecenderungannya menyelami dunianya sendiri membuat introvert memahami hidupnya sendiri. Mereka sadar atas apa yang mereka lakukan, dan dengan mudah akan melakukan instropeksi jika ada kesalahan atau kegagalan yang ia alami.

10. Selektif

Introvert adalah orang yang sangat selektif, terutama dalam berinteraksi sosial. Mereka hanya memilih berinteraksi dengan orang-orang yang mereka anggap nyaman. Mereka juga sangat pemilih dalam berteman, dalam artian tidak membeda-bedakan, mereka tahu mana orang yang baik untuk dijadikan teman, dan mana yang tidak baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s